Pemerintah Kabupaten Wonogiri
.:: Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Wonogiri ::.
PERUSDA
Profil Perusahaan Daerah di Kabupaten Wonogiri


Sebagai bentuk usaha dalam menghimpun dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang digunakan untuk membiayai kegiatan pemerintahan dan pembangunan, Pemerintah Kabupaten Wonogiri mendirikan Perusahaan Daerah yang berjumlah 7 (tujuh) unit yang bergerak dalam berbagai bidang baik perbankan, jasa maupun produksi.

Berikut adalah profil singkat masing-masing Perusahaan Daerah (Perusda/ PD) Kabupaten Wonogiri :

1.  PD. BPR BKK WONOGIRI
  Perusda ini bergerak dalam bidang jasa keuangan atau perbankan. Saham perusda dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Pemerintah Kabupaten Wonogiri. Dengan motto “Meraih Sukses Bersama, Bersama Meraih Sukses”, membawa keberhasilan sehingga pada akhir bulan Mei 2012, aset yang dimiliki sudah mencapai Rp. 170,74 Milyar. Pada tahun ini juga sudah menerapkan sistem perbankan online sehingga mampu memberikan pelayanan kepada nasabah saat melakukan transaksi antar kantor cabang 12 unit, 3 kantor kas, serta pos pelayanan nasabah.
Kantor cabang sebanyak 11 unit, yaitu di Ngadirojo, Tirtomoyo, Girimarto, Jatipurno, Jatiroto, Slogohimo, Purwantoro, Baturetno, Batuwarno, Giriwoyo, dan Giritontro. Kantor Kas di Wonoboyo, Karangtengah dan Puhpelem, serta satu pos pelayanan nasabah di Paranggupito. Produk andalan PD. BPR BKK Wonogiri adalah Tamades, Tabungan Sicipta, Tawa, Deposito serta fasilitas kredit.
   
2. PD. BKK EROMOKO KABUPATEN WONOGIRI
  Perusahaan daerah yang terbentuk paling akhir ini bergerak dalam bidang usaha jasa keuangan atau perbankan dengan saham kepemilikan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Wonogiri.
PD. BKK Eromoko merupakan hasil merger dari 9 PD. BKK yang ada di Kabupaten Wonogiri dengan dasar Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 5389/88/2009.
Prestasi dan keberhasilan telah diraih dengan diterimanya berbagai penghargaan antara lain PD. BKK Berprestasi di Jawa Tengah Tahun 2010, Indonesian Man dan Women Carier of The Year 2011, dan The Most Banking in Service Exellent of The Year 2012.
Dengan motto “Rahasia Sukses Meraih Keinginan Anda“ pada akhir tahun 2011 telah berhasil memperoleh jumlah aset perusahaan sebesar Rp. 80,335 milyar.
Kantor cabang PD. BKK Eromoko sebagai berikut: Puloharjo, Pracimantoro, Wuryantoro, Manyaran, Selogiri, Sidoharjo, Jatisrono, Bulukerto, Kismantoro, dan Nguntoronadi. Produk yang ditawarkan Tamades, Sipajar, Tawa, Tamades Berjangka, dan pemberian kredit.
   
3. PD. BPR GIRI SUKADANA KABUPATEN WONOGIRI
  Perusda ini merupakan satu-satunya badan usaha jasa keuangan atau perbankan yang kepemilikan sahamnya 100% oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri, dengan dasar pendirian Perda No. 6 Tahun 2008. Dengan visi “Menjadi BPR yang Kuat, Kompetitif, dan Produktif” menjadikan PD. BPR Giri Sukadana telah berkembang dengan capaian aset pada akhir bulan Mei 2012 menjadi Rp. 23 Milyar. Berkat  dukungan segenap SDM dari jajaran manajemen, badan usaha ini telah menunjukkan perkembangan yang sangat berarti dan mampu memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Wonogiri.
PD. BPR Giri Sukadana selain berkantor di Wonogiri Kota, telah memiliki kantor cabang di Kecamatan Baturetno. Produk yang ditawarkan adalah tabungan Suka Sejahtera, SiGatra, Deposito Sukadana, dan fasilitas kredit.
   
4. PD. JASA MEDIKA GIRI HUSADA KABUPATEN WONOGIRI
  Perusda ini bergerak dalam bidang jasa medis berupa penyediaan dan pelayanan obat-obatan (apotik) bagi masyarakat. Didirikan dengan dasar Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri yang terakhir adalah Perda Nomor 5 Tahun 2004. Badan usaha milik Pemkab Wonogiri ini sudah mengalami pasang surut usaha yang dimulai dari tahun 1969.
Visi perusahaan adalah “Terwujudnya Perusahaan Daerah Jasa Medika Giri Husada Kabupaten Wonogiri yang profesional bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme serta prima dalam pelayanan”.  Dengan visi ini, apotik Giri Husada telah berhasil mendirikan 3 cabang unit usaha yaitu di Jatisrono, Purwantoro dan Pracimantoro.
   
5. PD. AIR MINUM GIRI TIRTA SARI KABUPATEN WONOGIRI
  Perusahaan Daerah Air Minum Giri Tirta Sari melayani penyediaan air minum bagi masyarakat Wonogiri. Kondisi geografis Kabupaten Wonogiri yang sebagian berupa kawasan karst, menjadikan perusda ini berperan sangat strategis. Keberadaan Waduk Gajah Mungkur berpotensi menjadi sumber air baku yang melimpah, tidak hanya bagi masyarakat Wonogiri akan tetapi dapat mencakup kebutuhan air bersih se-Solo Raya.
PDAM Giri Tirta Sari sampai tahun 2012 telah operasional pada 16 unit kerja dengan cakupan wilayah pelayanan di 17 Kecamatan. Kapasitas produksi air bersih pada tahun 2011 sudah mencapai 6.832.593 m3 yang melayani Sambungan Rumah Tangga sebanyak 23.669 unit. Perusda ini juga menjalin kerjasama dengan perusahaan lain untuk lebih mengembangkan perusahaan ke arah lebih baik.
   
6. PD. PERCETAKAN GIRI TUNGGAL
  Perusahaan Milik Pemerintah Kabupaten Wonogiri ini bergerak dalam bidang usaha percetakan modern dengan sistem digital. Didirikan semenjak tahun 1968, dengan awal usaha untuk memenuhi kebutuhan cetakan berkas perkantoran Pemerintah Kabupaten Wonogiri. Seiring perkembangan perusahaan, PD. Giri Tunggal mulai mengembangkan usaha dengan melayani jasa cetak bervariasi, seperti kalender, blangko, digital printing, stiker, booklet, penjilidan, papperbag, sablon, spanduk MMT, dan undangan pernikahan.
Sampai dengan tahun 2012, total aset yang dimiliki telah mencapai Rp. 1,2 Milyar dan kedepan diharapkan dapat menyumbangkan PAD bagi Kabupaten Wonogiri.
   
7. PD. PERBENGKELAN SURYA KABUPATEN WONOGIRI
  Perusda Perbengkelan Surya Kabupaten Wonogiri bergerak dalam bidang jasa service kendaraan bermotor dan penyediaan suku cadang. BUMD ini diujicobakan pada tanggal 31 Desember 2002 dengan dasar Keputusan Bupati Wonogiri Nomor 616 Tahun 2002.
Setelah itu, ditetapkan dengan Perda Nomor 04 Tahun 2004. Bengkel ini berperan penting dalam mendukung kelancaran mobilitas aparatur pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan, melalui perawatan kendaraan operasional dinas. Selain itu, juga melayani konsumen dari masyarakat umum, mulai dari cuci mobil/ motor, service ringan hingga berat, aksesoris mobil, AC Mobil, dan penyediaan suku cadang lengkap.
Dengan motto perusahaan “Bukan Bengkel Biasa” telah menjadi suatu semangat segenap karyawan untuk lebih profesional, sehingga berdasarkan laporan kinerja perusahaan terakhir pada tahun 2012, aset yang dimiliki perusda bengkel Surya mencapai Rp. 1,2 Milyar.
Bengkel Surya kini telah mampu memberikan pelayanan untuk berbagai macam maintenance kendaraan bermotor meliputi: tune up, overhoul, understeel, balancing, spooring, ganti olie, service AC mobil, cuci mobil/ motor, dan service mobil/ motor.

 

Total Content : 2
Total Content : 2
Halaman
1
2