Pemerintah Kabupaten Wonogiri
.:: Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Wonogiri ::.
Tentang Kabupaten
Sekilas Tentang Kabupaten Wonogiri

 

1. Keadaan Alam Kabupaten Wonogiri
                                  
  Kondisi Geografi
  Kabupaten Wonogiri terletak pada 7º 32’ – 8º 15’ Lintang selatan dan Garis Bujur 110º 41’ – 111º 18’ Bujur Timur. Posisi Kabupaten Wonogiri sangat strategis karena terletak di ujung selatan Propinsi Jawa Tengah dan diapit oleh Propinsi Jawa Timur dan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Luas wilayah Kabupaten Wonogiri adalah 182.236,02 ha. Secara administratif terbagi menjadi 25 Kecamatan, 43 Kelurahan dan 251 Desa.

Kondisi alamnya sebagian besar berupa pegunungan berbatu gamping, terutama di bagian selatan, yang termasuk jajaran Pegunungan Seribu dan merupakan mata air dari Bengawan Solo. Sedangkan batas wilayah Kabupaten Wonogiri dengan daerah lainnya adalah sebagai berikut :
   - Sebelah Selatan  
    Berbatasan dengan Kabupaten Pacitan (JawaTimur) dan Samudera Indonesia
  - Sebelah Utara 
    Berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah)
  - Sebelah Timur
    Berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Ponorogo (Jawa Timur)
  - Sebelah Barat
    Berbatasan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta
  Secara topografis, sebagian besar wilayah Kabupaten Wonogiri merupakan dataran rendah dengan ketinggian antara 100-300 meter di atas permukaan air laut (dpl). Sedangkan sebagian lagi merupakan dataran tinggi yaitu berada pada 500 m atau lebih dari permukaan air laut. Wilayah ini meliputi Kecamatan Jatiroto dan Karangtengah.
Fisiografi wilayah Kabupaten Wonogiri sebagian besar berupa perbukitan bergelombang. Sedangkan fisiografi dataran sangat terbatas hanya di beberapa tempat terutama pada bentuk lahan aluvial.
2.  Iklim dan Curah Hujan
 
Kondisi iklim di Kabupaten Wonogiri termasuk tipe tropis atau memiliki dua musim, yaitu penghujan dan kemarau. Pergantian musim berlangsung sepanjang tahun dengan temperatur suhu udara rata-rata 24o –32o C.
Curah hujan di Kabupaten Wonogiri rata-rata berkisar antara 1.557-2.476 mm/ tahun dengan hari hujan antara 107-153 hari/tahun.
  Jarak Kota Wonogiri dengan Kota sekitar :
  - Kota Surakarta                     :   32 Km
  - Kabupaten Sukoharjo         :   17 Km
  - Kabupaten Klaten                :   67 Km
  - Kabupaten Boyolali             :   55 Km
  - Kabupaten Sragen               :   49 Km
  - Kabupaten Karanganyar     :   49 Km
  -  Kota Semarang                   : 133 Km
  Untuk mendukung mewujudkan penerapan e-goverment dan mempermudah akses masyarakat luas akan informasi, Pemerintah Kabupaten Wonogiri telah meluncurkan website “www.wonogirikab.go.id” yang berisi segala informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Wonogiri.

 

Total Content : 1
Total Content : 1
Halaman
1