Pemerintah Kabupaten Wonogiri
.:: Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Wonogiri ::.
Berita

Pemkab Wonogiri memperpanjang dispensasi pelayanan pencatatan kelahiran hingga 31 Desember 2011. Pelayanan dispensasi ini dikhususkan bagi warga masyarakat yang lahir sebelum tanggal 29 Desember 2006 dengan tidak memerlukan penetapan Pengadilan Negeri. Sedangkan bagi warga masyarakat yang lahir setelah tanggal 29 Desember 2006 dan terlambat lebih dari 1 tahun sejak kelahirannya tetap diberlakukan sesuai ketentuan UU No 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, sehingga pelayanan pembuatan akta kelahiran dilakukan setelah mendapatkan keputusan dari Pengadilan Negeri.


Berdasarkan surat edaran Setda Kabupaten Wonogiri tanggal 18 Januari 2011 nomor 474.1/616 tentang perpanjangan dispensasi pelayanan pencatatan kelahiran disebutkan beberapa persyaratan permohonan akta kelahiran antara lain surat pengantar dari kelurahan/desa diketahui camat, surat kelahiran (struk kelahiran) dari desa/kelurahan, fotocopy surat nikah/akta perkawinan di legalisir oleh instansi yang berwenang, fotocopy KK dilegalisir oleh instansi yang berwenang, fotocopy KTP kedua orangtua (bapak dan ibu) yang masih hidup dilegalisir oleh Instansi yang berwenang, bagi pemohon yang berumur 21 tahun ke atas supaya melampirkan fotocopy KTP dilegalisir oleh Instansi yang berwenang, fotocopy struk kematian orangtua jika sudah meninggal dunia dilegalisir oleh Instansi yang berwenang, fotocopy KTP dua orang saksi yang memenuhi syarat dilegalisir oleh instansi yang berwenang, fotocopy ijazah yang dimiliki (SD, SMP, SMA, SMK), surat kuasa bermaterai Rp 6000,- bagi yang dikuasakan dan membayar retribusi pelayanan sesuai dengan Perda yang berlaku.


Perpanjangan masa dispensasi ini merupakan perpanjangan terakhir, masyarakat Wonogiri dihimbau untuk segera menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. (in_humas)

| dibaca 611 kali | 20/01/2011 00:00 WIB
Total Content : -
Halaman