Pemerintah Kabupaten Wonogiri
.:: Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Wonogiri ::.
Berita

Peranan cukai sebagai salah satu sumber penerimaan negara sampai saat ini belum diberdayakan. Ironisnya, kampanye anti rokok makin digencarkan. Padahal tidak bisa dielakkan lagi kalau cukai tembakau digenjot untuk memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah atau Pendapatan Negara. Hal tersebut disampaikan Bupati Wonogiri H. Danar Rahmanto saat membuka Pembekalan Teknis Pengawasan Barang Kena Cukai Ilegal di Ruang Data Setda Kabupaten Wonogiri, Selasa (29/3).


Acara digelar dari tanggal 29-31 Maret dengan jumlah peserta sebanyak 102 orang. Dengan kegiatan ini, diharapkan ada pengawasan yang meliputi pengumpulan informasi hasil tembakau yang dilekati pita cukai palsu atau hasil tembakau yang tidak dilekati pita cukai. Sekaligus mendorong kesadaran masyarakat untuk ikut serta membantu Pemerintah dalam pengawasan peredaran barang kena cukai di Kota Gaplek ini.


“Pemerintah Kabupaten diberi kewenangan dan tanggungjawab untuk menggerakkan, mendorong, dan melaksanakan kegiatan pemberantasan barang kena cukai ilegal berupa kegiatan pengumpulan informasi hasil tembakau yang dilekari pita cukai palsu di pasaran,” kata Bupati.


Bupati menambahkan bila berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 20/PMK.07/2009 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 84/PMK.07/2008 tentang penggunaan dana bagi hasil cukai hasil tembakau dan sanksi atas penyalahgunaan alokasi dana bagi hasil cukai hasil tembakau, Pemerintah Kabupaten punya kewenangan penuh untuk menyampaikan informasi kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai apabila menemukan indikasi adanya hasil tembakau yang dilekati pita cukai palsu dan hasil tembakau yang tidak dilekati pita cukai. “Sebab ada suatu fakta bahwa di Wonogiri ini banyak beredar rokok-rokok tidak resmi. Disadari atau tidak, barang-barang tersebut menjadi konsumsi masyarakat dan laku terjual,” imbuhnya.


Keberadaan pita cukai ilegal sangat merugikan masyarakat dan pemerintah. Selama ini, pajak pita cukai yang dibayarkan dikembalikan lagi ke daerah melalui berbagai program. Pemasukan dari sektor cukai rokok merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang cukup besar selain dari sektor pajak lainnya. (HUMAS_ESTI SUCI)

| dibaca 514 kali | 30/03/2011 00:00 WIB
Total Content : -
Halaman