TUJUH PUSAKA MANGKUNEGARAN DIJAMAS, 21 ORANG IKUTI RUWATAN DI WADUK GAJAH MUNGKUR

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menggelar jamasan pusaka Mangkunegaran dan ruwatan massal di obyek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM), Minggu (23/9/). Kegiatan rutin setiap tahun di bulan Sura atau Muharam tersebut selain menarik kunjungan wisatawan WGM, agenda budaya itu sebagai upaya Pemkab melestarikan warisan nenek moyang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri Drs. Suharno, M.Pd didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Siswanto, mengatakan jika selain menjamas (membersihkan) pusaka Mangkunegaran yang ada di daerah Wonogiri, panitia juga menerima masyarakat umum penggemar tosan aji yang ingin membersihkan pusaka mereka dengan gratis. “Dalam acara itu sedikitnya 21 warga mengikuti ruwatan massal. Mereka bukan hanya berasal dari Wonogiri saja, melainkan ada yang dari Solo, Magetan, Ngawi, hingga Jogjakarta,” imbuh Sekda.

Bertindak sebagai dalang ruwat adalah Ki Suparmo Broto Carito dari Jatiroto. Di sekitar lokasi juga ditunjukkan pembuatan tosan aji oleh kalangan empu. Ada tujuh pusaka Pangeran Sambernyawa yang dijamas pada kesempatan tersebut. Yakni tiga pusaka dari Monumen Tugu Nglaroh, Kecamatan Selogiri, Wonogiri, terdiri atas dua tombak Kiai Jagur dan Kiai Totog serta Keris Kiai Karawelang. Kemudian yang dari Rumah Tiban Desa Bubakan, Kecamatan Girimarto, Wonogiri, terdiri atas Tombak Kiai Limpung dan Keris Kiai Semar Tinandu. Berikut dua pusaka dari Kaliwerak, Giritirto, Wonogiri, berupa Keris Kiai Bancak dan Tombak Kiai Alap-alap. Tidak seperti tahun-tahun yang lalu, Pusaka Kabupaten Wonogiri, yakni Gong Besar Kiai Mendung Ekadaya Wilaga, kali ini tidak diikutsertakan jamasan.

Semantara itu, Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa, SH meminta pelaksanaan even jamasan pusaka serta ruwatan massal di WGM ini terus ditingkatkan, sehingga akan lebih menarik banyak wisatawan. (HUMAS-est)



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//