WONOGIRI SEPAKAT AWALI MASA KAMPANYE DENGAN DAMAI

Gelaran pesta demokrasi (Pileg dan Pilpres) 2019 diharapkan berjalan aman dan lancar tanpa menimbulkan konflik. Demikian diungkapkan Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa, SH saat membuka gelaran Pemilu Damai 2019 yang digelar Bawaslu Kabupaten Wonogiri di kompleks Gor Giri Mandala Wonogiri, Senin (1/10).

“Kita meminta semua elemen masyarakat di Wonogiri dapat menjaga kondusifitas daerah ini. Agar pemilu mendatang semua tahapan lebih transparan dan bebas dari politik uang, hoax dan SARA yang ujungnya dapat menimbulkan perselisihan,” ungkapnya.

Ajakan tersebut dimulai dengan penandatanganan petisi Pemilu Damai 2019. Dalam kesempatan tersebut juga dihadiri Forkopimcam Wonogiri dan perwakilan dari parpol peserta pemilu. Selain itu, ada ratusan tamu undangan yang notabene berasal dari perwakilan ormas, tokoh masyarakat, FKUB dan tokoh agama, dan perwakilan parpol peserta pemilu turut serta membacakan ikrar petisi Pemilu Damai sekaligus menandatangani petisi Pemilu Damai 2019.

Mereka bersepakat untuk mengawali masa kampanye dengan damai dan berkomitmen bahwa sepanjang pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Wonogiri tahun 2019 yang tahapannya sudah dimulai sejak sekarang, harus berlangsung dengan damai, aman, dan tidak menimbulkan gangguan apapun.

“Untuk menjadikan Pemilu 2019 sebagai Pemilu Damai adalah, ketika setiap pihak mampu menahan diri, dan seandainya muncul permasalahan, maka penyelesaian diserahkan kepada pihak yang bekompeten dan dapat diselesaikan sesuai mekanisme yang ada. Ketika sistem dan subsistem sudah berjalan dengan baik, maka tidak akan muncul hal-hal yang menjadi kekhawatiran kita bersama,” imbuh Wabup.

Kontestasi politik menjelang pemilu menurut pengamatannya biasanya mengalami suhu tinggi. Sehingga, dengan adanya deklarasi damai, masyarakat dapat menjadi lebih dewasa dalam hal demokrasi. Wabup berharap, dengan adanya deklarasi Pemilu Damai 2019 menjadi satu pesan penting kepada masyarakat agar pemilu berjalan damai tanpa adanya gesekan. (HUMAS-est)



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//