SOSIALISASI KEBHINEKAAN MELALUI PENTAS WAYANG KULIT DIGELAR DI WONOGIRI


Pagelaran Wayang kulit berkonsep “Merawat dan Menjaga Kebhinekaan” telah digelar di Wonogiri, tepatnya berlokasi di Lingkungan Pasar Kecamatan Eromoko. Dalang Ki Anom Suroto membawakan Lakon Babat Alas Wonomarto tampil semalam suntuk, Minggu (19/11). Pementasan ini terselenggara atas kerjasama antara Kemeterian Kominfo RI dengan Komisi 1 DPR RI serta unsur terkait.

Hadir dan menyaksikan pementasan wayang ini Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, Anggota Komisi 1 DPR RI, Bupati Wonogiri Joko Sutopo beserta jajarannya, Ketua DPRD Wonogiri, Anggota DPRD Karanganyar, dan Forkopimcam Eromoko. Masyarakat nampak antusias menyaksikan acara tersebut. Mereka datang dari berbagai daerah di Kabupaten Wonogiri.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo dalam bagian sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Kemenkominfo RI memberikan kontribusi melalui acara tersebut. Terkait kebhinekaan, menurut Bupati Joko Sutopo, masyarakat wajib menjaga dan mempertahankanya untuk masa depan bangsa lebih baik. Bupati yang akrab disapa Mas jekek ini juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang bekerja keras mendukung terselenggaranya acara sekaligus melestarikan salah satu budaya Jawa.

Dirjen Komunikasi Publik Kemenkominfo RI Rosarita Niken Widyastuti menyampaikan bahwa kebhinekaan adalah suatu hal yang harus dirawat. Keberagaman suku adat ras dan golongan jangan dijadikan kendala, perbedaan harusnya menjadi kekuatan untuk maju dan mempertahankannya.

Seiring perkembangan jaman, dimana kinformasi menjadi kebutuhan vital bagi masyarakat, Niken berharap masyarakat bisa menyaring dan bijak dalam memanfaatkanya. Dirinya berpendapat bahwa informasi yang disebarkan harus bisa dipertanggung jawabkan. Di akhir sambutannya, Niken menghimbau agar masyarakat menghindari informasi yang sifatnya meyebarkan kebencian terutama dari media sosial.

 

Reporter : Fendy (Diskominfo Wonogiri)

Foto : Dokumentasi Dirjen IKP Kemenkominfo

Apakah website ini bersifat informatif?

  • Pengunjung (202661 Kunjungan)
  • Hits (202661 Kunjungan)
  • Hari Ini (63 Kunjungan)
  • Kemarin (425 Kunjungan)