TINGKATKAN MUTU PELAYANAN, INSTALASI RAWAT JALAN RSUD WONOGIRI BISA DAFTAR ONLINE


Pasien instalasi rawat jalan RSUD dr. Soediran Mangun Soemarso (SMS) Wonogiri saat ini sudah bisa melakukan pendaftaran periksa dengan sistem online. Mereka tidak perlu lagi datang pagi buta untuk mengambil nomor antrian loket pendaftaran, melainkan hanya perlu membuka aplikasi melalui smartphone mereka dan melakukan pendaftaran secara online.

Ditemui di kantornya, Kamis (12/4), Wakil Direktur RSUD dr. SMS Wonogiri dr. Pratikto Widodo membenarkan hal tersebut. Dirinya menyampaikan bahwa sistem pendaftaran online ini sudah dirancang cukup lama. Setelah melalui beberapa tahapan pembuatan aplikasi berbasis iOS dan android serta berbagai uji coba, kebijakan ini resmi diberlakukan terhitung tanggal 1 April 2018.

Dr. Pratikto Widodo juga menyampaikan bahwa pengembangan aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat Wonogiri mengambil nomor antrian, mengingat keadaan geografis Wonogiri yang terdiri dari 25 kecamatan, dimana kecamatan Bulukerto, Puhpelem, Karangtengah dan Pranggupito jarak tempuhnya menuju RSUD dr. SMS mencapai 70km.

“Untuk mengantisipasi antrian, supaya masyarakat kita, terutama pasien yang sakit, tidak harus datang pagi-pagi, maka kami membuat terobosan pengembangan aplikasi di playstore sehingga masyarakat dapat mendaftar secara online untuk periksa di instalasi rawat jalan,” katanya.

Terhitung 14 hari setelah aplikasi ini di-launching, tercatat setiap harinya kurang lebih 20 persen pasien telah melakukan pendaftaran online.

“Rata-rata pasien yang telah mendaftar melalui online kira-kira 20 persen. Jadi kalau setiap harinya kita bisa 500 pasien, sekitar 100 orang per hari sudah mendaftar online. Sementara kita melayani dengan satu loket khusus pendaftaran online ini, kita lihat perkembangannya, kalau bertambah besar, ya tentunya kita akan tambah loketnya. Loket antrian pendaftaran ada tujuh, satu loket pendaftaran online, enam lainnya loket biasa.” tambahnya.

Pengembangan aplikasi pendaftaran online ini merupakan salah satu wujud komitmen RSUD dr. SMS Wonogiri untuk terus memperbaiki sistem pelayanan yang mengedepankan mutu dan kualitas tanpa membedakan status dan golongan masyarakat, termasuk bagi mereka yang masuk database penerima program kesehatan gratis Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

Terkait dengan aplikasi yang digunakan, masyarakat dapat mengunduhnya dengan smartphone mereka, cukup dengan masuk aplikasi Playstore, lalu pada kolom pencarian ketik “Soediran ONLINE” maka aplikasi yang dimaksud langsung muncul di layar smartphone kita. Selanjutnya kita hanya perlu meng-install aplikasi, membuat akun, dan mengikuti prosedur pendaftaran sesuai yang dipersyaratkan di aplikasi tersebut. Proses pendaftaran bisa dilakukan satu hari sebelum tanggal kunjungan (maksimal pukul 23.59 WIB) dan pendaftaran ini bisa dilakukan untuk rencana kunjungan tujuh hari ke depan.

Demi kemudahan bagi pendaftar baru, RSUD dr. SMS Wonogiri juga telah mengunggah tutorial pendaftaran online ini melalui channel youtube dengan alamat https://www.youtube.com/watch?v=pCJcOxQvJbk&feature=youtu.be atau cukup dengan mengetik “Tutorial Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan RSUD Wonogiri”.

dr. Pratikto Widoodo berharap bahwa apabila aplikasi ini dapat dikembangkan dan dipergunakan secara maksimal, RSUD dr. SMS Wonogiri dapat melakukan penataan SDM dengan baik, sehingga pelayanan kesehatan khususnya di instalasi rawat jalan dapat efisien, akurat, dan dengan mutu yang optimal.  

 

Reporter : Essa (Diskominfo Wonogiri)

Foto : Dokumentasi RSUD dr. SMS Wonogiri

Apakah website ini bersifat informatif?

  • Pengunjung (279319 Kunjungan)
  • Hits (279319 Kunjungan)
  • Hari Ini (532 Kunjungan)
  • Kemarin (686 Kunjungan)