DKK PASTIKAN FASILITAS KESEHATAN DI WONOGIRI BUKA 24 JAM SELAMA CUTI LEBARAN 2018


Seluruh rumah sakit dan 11 puskesmas di wilayan Kabupaten Wonogiri dipastikan akan membuka pelayanan kesehatan 24 jam selama cuti bersama Lebaran 2018. Hal ini diungkapkan oleh dr. Adhi Dharma, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri yang ditemui di kantornya, Rabu (6/6) siang.

Puskesmas yang adalah Puskesmas yang berada di pinggir jalan protokol, yakni Puskesmas Wonogiri I, Puskesmas Ngadirojo, Puskesmas Jatisrono I, Puskesmas Purwantoro, Puskesmas Nguntoronadi, Puskesmas Baturetno I, Puskesmas Baturetno II, Puskesmas Giriwoyo II, Puskesmas Giritontro, Puskesmas Pracimantoro I dan Puskesmas Pracimantoro II.

“Jadwal sudah dibuat di masing-masing pos beserta nomor teleponnya, sehingga memudahkan akses bagi sesama petugas yang ada di pos sekaligus memudahkan koordinasi,” kata dr. Adhi Dharma.

Sistem jaga 24 jam di Puskesmas terkait menggunakan mekanisme piket 3 shift, yakni shift pagi, shift siang, dan shift malam.

Selain mengkoordinasikan Rumah Sakit dan Puskesmas, DKK Wonogiri juga berperan dalam mengkoordinasi tenaga medis di pos-pos terpadu di Kabupaten Wonogiri. Pos Terpadu ini merupakan pos jaga arus mudik dan arus balik libur lebaran yang terdiri dari gabungan personil TNI, POLRI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Terdapat di 5 titik Pos Terpadu di eks-distrik di wilayah Kabupaten Wonogiri, yakni Ngadirojo, Jatisrono, Purwantoro, Baturetno, dan Pracimantoro. Selain itu, ada pula Pos Praktis Tambahan yang berlokasi di Terminal Giri Adipura Wonogiri, Depan Pasar Kota Wonogiri, dan Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur.

Berkaitan dengan personil tenaga medis yang memberikan pelayanan baik di puskesmas, pos terpadu, maupunh pos praktis lainnya, dr. Adhi Dharma menyebutkan bahwa DKK melibatkan semua unsur tenaga kesahatan yang ada, baik dari unsur Dinas Kesehatan dan Puskesmas, tenaga medis dari rumah dakit swasta, klinik pratama, klinik utama, organisasi profesi, dan relawan.

 Masyarakat juga tidak perlu khawatir terkait penggunaan BPJS Kesehatan selama cuti bersama Lebaran 2018 karena dr. Adhi Dharma menyatakan bahwa telah dilakukan koordinasi terkait kemudahan sistem rujukan di fasilitas kesehatan yang ada.

“Ada kebijakan dari BPJS  terkait pelayanan BPJS selama cuti Lebaran ini, yakni akan dipermudah terutama penggunaan kartu BPJS. Kartu BPJS apapun nantinya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan mudik dan arus balik nanti. Semua pemegang kartu BPJS bisa dilayani di fasilitas kesehatan dimana saja asal bisa menunjukkan kartu secara fisik atau hafal nomernya untuk bisa dilacak. Sistem rujukan antar faskes bertingkat juga akan dipermudah,” terangnya.

dr. Adhi Dharma berharap pelayanan kesehatan selama cuti bersama libur Lebaran tahun ini akan lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya, yakni tenga kesehatan yg ada lebih tanggap terhadap situasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat.

 

Reporter : Essa (Diskominfo Kab. Wonogiri)

Foto :  Dokumentasi DKK 2017

 

Apakah website ini bersifat informatif?

  • Pengunjung (329176 Kunjungan)
  • Hits (329176 Kunjungan)
  • Hari Ini (510 Kunjungan)
  • Kemarin (824 Kunjungan)